Inilah Protokol Kesehatan Cegah Covid-19 di Rumah Ibadah Saat New Normal

Spread the love

Terkait prosedur perizinan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, yang menjadi fokus utama adalah rancangan prosedur operasional standar serta protokol kesehatan yang matang. Semuanya harus disosialisasikan oleh pihak terkait. Sehingga pengurus rumah ibadah dapat memahaminya dengan mudah.

” Jadi nanti perizinan dilakukan untuk memastikan bahwa protokol kesehatan itu telah dilaksanakan atau siap untuk dilaksanakan di tempat ibadah dan kegiatan keagamaan lainnya,” ungkap Muhadjir, saat melakukan video conference.

” Perlu juga dibuat tempat pengaduan jika ada pelanggaran ataupun penyelewengan terutama dalam masalah hal perizinan ini,” lanjutnya kembali.

Pembukaan Rumah Ibadah Tetap ikuti Protokol Kesehatan

Sebagai bentuk upaya pencegahan wabah covid-19 di rumah ibadah, masyarakat diminta tetap menaati protokol kesehatan yang telah dibuat. Adanya prosedur operasional standar, perlu diterapkan secara bijak oleh pengurus rumah ibadah. Agar masyarakat dapat berkegiatan sesuai dengan kebutuhan.

” Pentingnya masing-masing komunitas membuat SOP yang diberlakukan secara teknis dan detail baik untuk kegiatan ibadah maupun sosial. Kementerian agama akan memberikan panduan secara umum. Tapi untuk hal-hal yang lebih detail para pengurus yang tahu,” ungkap Muhadjir.