New Normal Bagi Anak, Latihan Protokol Kesehatan Diperlukan

Spread the love

Bisnis.com, JAKARTA – Adaptasi keadaan baru selain harus diperhatikan orang dewasa juga perlu diketahui anak-anak. Protokol kesehatan pun perlu dikenalkan dan diterapkan kepada anak-anak.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyarankan para orang tua untuk melatih anak menerapkan protokol kesehatan. Hal itu perlu demi mencegah berbagai macam penularan penyakit, termasuk Covid-19, guna mengantisipasi era new normal atau tatanan normal baru di tengah pandemi virus Corona jenis baru itu.

“Harus ada pembiasaan dengan cara dilatih,” kata Komisioner Bidang Pendidikan KPAI Retno Listyarti saat dihubungi Antara di Jakarta, Jumat (12/6/2020).

Retno mengatakan anak-anak perlu dilatih untuk membiasakan diri dengan perilaku hidup bersih dan sehat serta kebiasaan-kebiasaan seperti memakai masker dan rutin mencuci tangan dengan sabun sehingga terhindar dari penularan berbagai macam penyakit, termasuk Covid-19.

“Pakai masker itu butuh latihan. Sehingga anak-anak perlu dilatih bagaimana caranya memakai masker dengan benar. Pertama 30 menit. Berikutnya ditambah 10 menit setiap hari. Sehingga ketika mereka masuk sekolah, anak-anak sudah terbiasa memakai masker dalam waktu lama,” kata Retno.