10 Cara Membiasakan Mengaji Anak Sholeh

Spread the love

Mengajari mengaji anak sholeh menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi orangtua yang sadar pendidikan. Sayangnya, kadangkala walaupun sudah rutin memanjatkan doa minta anak sholeh, anak-anak tidak tumbuh seperti harapan. Walaupun sudah dimasukkan sekolah ngaji di sore hari dan di sana belajar tepuk anak sholeh, bukan berarti anak keranjingan mengaji.

Anak sholeh adalah anak yang selalu mengusahakan diri bermanfaat bagi keluarga, bangsa dan agama. Ada banyak lagu doa anak sholeh yang bertebaran. Bahkan buku kumpulan doa anak sholeh juga laris di pasaran. Biasanya, pembelinya adalah orangtua atau guru yang memegang pengajaran terhadap anak usia dini sampai sekolah dasar.

Beberapa kasus menceritakan bahwa adanya orangtua yang keras dalam mendidik ilmu agama dan membiasakan mengaji anak sholeh,  tidak menjamin anak tersebut suka berdakwah. Maka, orangtua harus pandai mencari tips dan trik untuk merangsang anak supaya suka mengaji.

Yang perlu dicatat adalah, belum tentu anak yang saat kecil  tidak suka mengaji, nanti besarnya akan menjadi nakal. Begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu,  orangtua perlu menjadikan mengaji anak sholeh sebagai kebiasaan sehari-hari. Ketika mengaji sudah menjadi bagian dari hidup anak, maka anak juga akan berusaha berperilaku sesuai tuntunan Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *