10 Cara Membiasakan Mengaji Anak Sholeh

Spread the love

3. Memastikan Jadi Kebiasaan Keluarga

Bukan hanya kedua orangtua yang dapat memengaruhi kebiasaan anak suka mengaji anak sholeh atau tidak. Biasanya, di dalam sebuah keluarga memiliki beberapa anak. Jika tidak semua anak dibiasakan mengaji, kemungkinan ada saja anak yang  protes karena merasa diperlakukan tidak adil.

Supaya dapat memastikan bahwa mengaji anak sholeh menjadi rutinitas sehari-hari, maka orangtua perlu memberi perlakuan yang sama pada semua anggota keluarga yang tinggal serumah. Jangan sampai orangtua sudah semangat mengaji tetapi anak malah tidak mau praktik mengaji anak sholeh karena melihat kakak atau adiknya bebas bermain pada waktu dia mengaji.

4. Memasang Filter Pertemanan

Di luar keluarga ada lingkaran yang sangat menentukan bagaimana anak akan bertumbuh, yaitu pertemanan. Kadang kala dalam beberapa kasus, orang tua sudah bersusah payah mencoba membangun lingkungan yang bagus untuk membiasakan mengaji anak sholeh. Sayangnya,  saat bermain, anak lebih peduli dengan teman-teman mereka dibanding orangtua.

Hal ini biasa terjadi akibat kebosanan yang dirasakan anak. Oleh karenanya, orangtua harus protektif terhadap siapa teman dekatnya anak. Yang mana yang kira-kira dapat memberikan pengaruh baik dan membantu dalam mengaji anak sholeh, dan mana yang pola didik dari orangtuanya sudah terlalu bebas. Sehingga malah menyulitkan orang tua sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *