10 Cara Membiasakan Mengaji Anak Sholeh

Spread the love

5. Pasang Waktu Mengaji

Mengaji anak sholeh adalah kebiasaan. Supaya dapat disiplin setiap hari, maka perlu dipasang waktu khusus untuk mengaji. Di waktu ini anak harus benar-benar menyelesaikan tugasnya dan menghentikan permainan apapun. Jika tidak rutin dan tidak ditentukan begini, dalam sehari ada saja godaan yang membuat anak menunda-nunda tadarus Al Quran.

Pengaturan jam khusus mengaji anak sholeh ini sebaiknya tidak mengganggu waktu belajar anak, jatah bermain dan jam-jam istirahat serta bersih diri yang merupakan bagian dari rutinitas sehari-hari.

6. Memotivasi

Anak yang kritis sering bertanya mengapa, termasuk mengapa saya harus mengaji anak sholeh setiap hari? Argumen alasan yang dikemukakan harus rasional dan mudah dipahami anak. Argumen seperti ini tidak akan membuat anak menjadi kaum pengikut semata. Pun, jika anak melaksanakan maka itu adalah hasil dari kesadaran dia sendiri.

Memberikan alasan rasional sebagai motivasi mengaji anak sholeh dapat memancing anak bertukar rasa penasaran. Terutama tentang ayat-ayat mutasyabihat yang tidak selalu dapat dilihat kebenarannya oleh indera manusia. Memberitahu anak keutamaan orang-orang yang dekat dengan Al Quran juga akan mendukung.

7. Memberikan Fasilitas

Fasilitas yang dimaksud di sini contohnya adalah Al Quran yang mendukung. Bukan hanya Quran biasa, melainkan Al Quran yang berwarna serta dilengkapi ayat terjemah. Minimal ada dua kelengkapan itu, anak biasanya akan tertarik daripada hanya membaca Al Quran yang hitam putih dan hanya bertuliskan arab.

Apabila ingin lebih ringkas, orang tua dapat membelikan anak super hafiz yang juga akan menemani mengaji anak sholeh. Terdapat audio yang dapat dimainkan hanya dalam satu kali klik mulai pembacaan doa sehari-hari hingga seluruh isi Al Quran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *