10 Cara Membiasakan Mengaji Anak Sholeh

Spread the love

8. Memuji

Tidak ada anak yang tidak suka dipuji. Walaupun ada saja anak yang tampak tidak bersemangat dan cuek saja, tetapi dia pasti akan lebih tahan disuruh mencoba lagi ketika mendapatkan pujian. Pujian sendiri memang bentuk kasih sayang yang dapat membuat anak merasa dicintai. Jika sudah merasa dicintai, anak akan semakin semangat belajar untuk memenuhi target.

9. Bersyukur

Seperti tradisi di Jawa, jika anak-anak sudah khatam Quran dan tuntas hafalannya, maka anak akan lebih berhati-hati dalam bersikap. Sifat sombong semakin menurun dan rasa syukur semakin diperbanyak. Syukur inilah yang membuat anak tetap terus berusaha dekat Al Quran meskipun sudah hafal .

10. Menanamkan Balas Budi

Biasanya narasi yang membuat anak trenyuh adalah narasi tentang balas budi. Orang tua dapat mengungkapkan keikhlasannya saat mengasuh anak dan mengatakan ingin balasan budi adalah orangtua masa kontemporer. Anak gampang trenyuh jika membahas hal yang berkaitan dengan jasa orangtua.

10 poin di atas adalah tips mengaji anak sholeh. Apabila ada tips-tips lain, Anda dapat menambahkannya di kolom komentar dan membagikan postingan ini pada keluarga terdekat. Memiliki rekan sesama orangtua dalam membesarkan anak akan membuat pekerjaan terasa lebih mudah.

Mendoakan anak setiap shalat adalah rutinitas lain yang dapat mengiringi usaha kita menerapka 10 cara di atas. Entah nanti anak akan menjadi sesuai harapan atau tidak, bukan lagi urusan kita. Kewajiban sebagai orangtua sudah gugur. Orangtua sudah menjalankan kewajibannya untuk mendorong mengaji anak sholeh.

EPD Tiga Raksa Satria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *