Cara mengetahui bakat dan minat anak sejak dini

Spread the love

Sebagai orang tua tentu penasaran ingin mengetahui bakat dan minat apa saja yang dimiliki anaknya. Alasannya orang tua ingin mengarahkan anaknya sebaik mungkin dan dapat dimaksimalkan seiring  tahap perkembangan dan pertumbuhan anak. Setiap anak memiliki bakat yang berbeda dengan anak lainnya.

Bakat adalah kemampuan yang dimiliki anak yang bersumber dari dalam diri anak. Biasanya bakat seorang anak diturunkan oleh orang tua namun ada juga anak yang memang memiliki bakat alami. Sedangkan minat adalah hal yang disenangi oleh anak. Dihimpun dari berbagai sumber berikut ini adalah cara mengetahui bakat dan minat pada anak sejak dini: 

Mengamati kesenangan anak
Amati kebiasaan yang sering diperlihatkan oleh anak atau hal apa yang menjadi kesenangan anak, karena hal tersebut merupakan indikasi bahwa anak tersebut berbakat dan memiliki minat lebih terhadap perilaku yang ditunjukkan terhadap hal tersebut. 

Biarkan anak mengeksplorasi kemampuannya
Biarkan anak mencoba berbagai hal karena dengan demikian maka sebenarnya anak tersebut berusaha menemukan bakat yang ada pada dirinya. Jangan terlalu menekan dan membatasi aktivitas anak karena hal tersebut sama saja dengan menghalangi anak mengeksplorasi kemampuannya. 

Perkenalkan anak dengan berbagai bidangPerkenalkan anak dengan banyak bidang seperti sains, seni, olahraga, teknologi, digital, beladiri, dan lainnya. Dengan begitu ia akan mengenal banyak hal dan meningkatkan peluang untuk menemukan ketertarikannya. Namun jangan pula langsung menilai buruk jika nilai pelajaran anak di sekolah tidak menunjukkan prestasi apa pun. Bakat mencakup hal yang sangat luas. Tidak semua anak berbakat memiliki bakat akademis. 

Membangun komunikasi
Tanyakan kepada anak yang tentang apa yang menjadi kegemarannya, cita-cita yang ingin dicapai, hobi, atau apa yang ingin dilakukan. Melalui komunikasi positif yang dilakukan dengan anak akan lebih memudahkan untuk bisa mengetahui bakat dan minat anak. 

Mengikutkan anak dalam perlombaan
Ikutkan anak dalam berbagai perlombaan namun tetap harus atas dasar persetujuan anak. Bakat dan minat anak bisa diamati dari hasil lomba yang diikuti anak. Hasil perlombaan dengan pencapaian tertinggi adalah indikasi bahwa kemampuan anak lebih dominan pada hal tersebut. Namun jangan terlalu memberi target yang besar untuk dicapai, karena membuat anak menjadi tertekan dan terbebani. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *