Cara mengetahui bakat dan minat anak sejak dini

Spread the love

Mengeluarkan kemampuan tersembunyi anak
Bakat dan minat anak juga baru bisa diketahui jika anak tersebut berada dalam keadaan terdesak atau merasa dirinya terancam sehingga kemampuan yang selama ini tersembunyi akhirnya muncul. Cara ini banyak dilakukan oleh orang untuk mengetahui potensi yang ada pada dirinya. 

Membiarkan anak bersosialisasi
Berikan anak waktu untuk melakukan sosialisasi dan komunikasi dengan teman sebaya. Biasanya anak-anak saling menunjukkan kemampuan yang mereka miliki. Mereka juga kadang akan saling bercerita tentang kegemarannya dan hal-hal apa saja yang mereka sukai. Bakat dan minat tidak selamanya berkaitan dengan kemampuan dalam bidang akademik maupun dalam hal olahraga namun juga dari kecakapan dalam berkomunikasi dan berinteraksi. 

Berkonsultasi dengan guru
Cobalah untuk melakukan konsultasi dengan guru-guru di sekolah terutama dengan wali kelas. Kemungkinan besar wali kelas memiliki informasi-informasi khusus tentang kebiasaan setiap muridnya, mulai dari mata pelajaran yang menonjol, kelemahan anak dalam proses pembelajaran, bagaimana cara bersosialisasi anak, dan perilaku anak. 

Mengajarkan anak untuk tidak mudah menyerah
Untuk bisa memunculkan bakat terpendam dalam diri anak, salah satu hal yang bisa dilakukan yakni mengajarkan anak menjadi pribadi yang pekerja keras dan tidak mudah menyerah. Misalnya ketika anak meminta sesuatu, maka sebagai orang tua bisa meminta terlebih dahulu melakukan sesuatu seperti merapikan tempat tidurnya sendiri, membereskan mainan dan lain sebagainya. Tujuannya adalah untuk mengajarkan anak bahwa setiap hal yang ingin didapat butuh kerja keras.

Kebebasan memilih
Orang tua sering merasa lebih paham dengan anaknya sehingga, meminta anaknya untuk menggeluti suatu aktivitas tanpa berkomunikasi terlebih dulu. Jika hal itu dilakukan bisa membuat anak semakin sulit menemukan bakatnya. Berikan kebebasan anak untuk memilih dan melakukan hal yang dia sukai, selama hal tersebut dalam tahapan wajar dan memiliki dampak positif untuk anak. Seiring waktu bakat dan minat akan muncul dengan sendirinya. 

Lakukan tes bakat anak
Cara mengetahui bakat anak yang cukup ampuh dan efektif adalah dengan melakukan tes bakat anak. Tes bakat anak ini tentunya tidak sama dengan tes IQ. Jika tes IQ menunjukkan tingkat kecerdasan secara umum maka tes bakat memberikan informasi terkait kecerdasan khusus.

ELSHINTA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *