Doa Mohon Keturunan yang Saleh

Spread the love

Makna Doa

1. رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ (Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau)

Yakni karuniakanlah kepadaku dengan rahmat dan kemurahan-Mu.

2. ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً (seorang anak yang baik)

Yakni anak yang diberkahi, saleh, bertakwa, dan diridhai.

3. إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ (Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa)

Yakni Engkaulah Dzat yang mendengar doa dan yang dapat mengabulkannya.

Keutamaan Anak Saleh

Anak yang saleh merupakan karunia yang amat besar bagi seorang muslim, sebab ia dapat menjadi penerus yang tidak hanya bermanfaat di dunia namun juga di akhirat. Di dunia, anak yang saleh akan menjadi penyejuk hati bagi kedua orang tua. Sedangkan di akhirat, anak yang saleh akan menjadi ‘penerus amal’ bagi kedua orang tua; ketika keduanya telah meninggal dunia dan tidak mampu lagi menambah bekal kebaikan untuk kehidupan di akhirat dengan kedua tangan mereka sendiri, Allah Ta’ala dengan kemurahan-Nya menjadikan doa dan amalan anak keturunan sebagai penambah amal kebaikan bagi keduanya, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

عن أبي هريرة -رضي الله عنه- أن رسول الله -صلى الله عليه وسلم- قال: إذا مات ابن آدم انقطع عمله إلا من ثلاث: صدقة جارية، أو علم ينتفع به، أو ولد صالح يدعو له. [رواه مسلم]

“Apabila manusia meninggal dunia maka semua amal perbuatannya terputus kecuali tiga hal; sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak saleh yang mendoakannya.” [HR. Muslim]

Dan disebutkan pula dalam sabda beliau:

عن أبي هريرة عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : ” إنَّ الرجل لتُرفع درجتُه في الجنَّة فيقول : أنَّى هذا فيقال : باستغفار ولدك لك ” . [رواه ابن ماجه وصححه الألباني].

Dari Abu Hurairah  bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Sungguh seorang manusia akan ditinggikan derajatnya di surga (kelak), maka dia bertanya: Bagaimana (aku bisa mencapai) derajat ini? Maka dikatakan padanya: (Ini semua) berkatkan istigfar (permohonan ampun kepada Allah yang selalu diucapkan oleh) anakmu untukmu.” [HR Ibnu Majah dan dishahihkan oleh syaikh al-Albani].

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *