Kenapa Anak Susah Fokus di Sekolah?

Spread the love

Hal ini ternyata berkaitan dengan adanya masalah fleksibilitas kognitif yang cukup sering ditemui pada pengidap OCD. Yaitu, gangguan atau masalah dalam keterampilan seorang anak untuk menemukan solusi dan memecahkan masalah yang sedang ia alami. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa anak yang memiliki OCD mengalami kesulitan pada hampir semua tugas di sekolah. Mereka juga menemukan masalah memori pada anak-anak OCD.

Selain masalah konsentrasi, anak usia sekolah yang memiliki OCD pun disebut mengalami masalah dengan kemampuan menggunakan memori. Bahkan pada saat-saat tertentu, ia akan kesulitan untuk menyesuaikan diri saat terjadi perubahan situasi di lingkungan.

Nyatanya, gangguan OCD dapat secara langsung memengaruhi kemampuan kognitif anak. Namun, ibu tidak perlu khawatir secara berlebihan. Meski bisa sangat mengganggu, OCD tetap bisa dikendalikan melalui terapi perilaku. Salah satu yang dianjurkan adalah terapi perilaku kognitif berbasis orang tua.

Karena, salah satu cara untuk membantu anak mengandalikan masalah ini adalah dengan pendekatan yang tepat. Terutama dari orang terdekat yang sering berinteraksi, yaitu orang tua dan keluarga.

HALODOC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *